Selamat Datang di Hikayat Atah Roy. Senyum Adalah Keikhlasan yang Tak Terucap

Sabtu, 21 Juli 2012

Puasa


Setiap tahun, bulan Ramadhan pasti datang, dan setiap tahun pula, pada bulan Ramdhan umat Islam diwajibkan berpuasa. Tidak tanggung-tanggung, kewajiban berpuasa ini langsung datang dari Sang Maha Pencipta, Allah SWT, dalam Al Quran, surat Al Baqarah ayat 183 yang berbunyi; Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas umat-umat sebelum kamu, agar kamu bertaqwa.
Seperti tahun-tahun yang telah lewat, tahun ini juga Atah Roy telah menyiapkan diri untuk melaksanakan puasa. Tentu saja, persiapan yang dilakukan Atah Roy bukan menyediakan makanan yang banyak atau pun mengumpul duit sebanyak-banyaknya. Kesiapan Atah Roy adalah ‘membuka’ hati agar terjauh dari sifat-sifat tercela yang tidak direstui oleh Allah SWT. Atah Roy yakin dengan berpuasa, manusia akan mengenal diri lebih dekat lagi. Berpuasa itu, menurut Atah Roy, melatih diri menjauh dari perbuatan rakus, tamak, dengki, tidak menghargai orang lain, sombong dan menganggap dirinya yang paling benar.
Atah Roy selalu berpikir, bahwa kehancuran negeri ini disebabkan manusia yang mendiami negeri ini tidak pernah sadar akan arti pentingnya puasa. Puasa kadang kala dijadikan ajang memamerkan diri; kita lebih hebat dibandingkan dengan orang lain. Selain itu, pada bulan Ramadhan ini juga dikemas menjadi tempat menyebar populeritas dengan memanggakan diri membagi-bagi sedekah kepada orang atau pun kepada mesjid yang dikunjungi.
Menurut Atah Roy, sudah menjadi kewajiban manusia untuk saling berbagi, yang kaya menyedekahkan sebagian hartanya kepada yang miskin, tanpa dibesar-besarkan di media masa. Seharusnya, kata Atah Roy, kalau tangan kanan memberi, tangan kiri tidak perlulah tahu. Ini tidak, bersedekah macam ayam betina bertelor, heboh seantaro negeri.
Untuk terbebas dari perbuatan yang tidak direstui Allah, Atah Roy mencoba pada bulan Ramadhan tahun ini memaknai puasa dengan kesederhanaan. Pada tahun-tahun yang lewat, Atah Roy dengan bersusah payah, membanting tulang, mengumpul duit untuk menyambut puasa. Dulu Atah Roy berprinsip bahwa pada bulan Ramadhan, ketika berbuka puasa, segala makanan di hidangkan di atas meja. Hal asilnya, makanan tak habis, terbuang dalam tong sampah. Tahun ini tidak, Atah Roy menata diri, yang perlu diperbanyak itu adalah amal dan ibadah. Makanan tetap ada, tapi tidaklah semewah dulu.
Sikap Atah Roy yang berubah drastis ini, mendapat perlawanan dari Leman Lengkung. Leman Lengkung pun mengecap Atah Roy sebagai orang yang lokik. Dulu, menurut pengakuan Leman Lengkung, due hari nak puasa, Atah Roy telah menumpuk makanan, minuman dan pakaian baru untuk Sholat Tarawih. Pada Bulan Puasa, Leman Lengkung selalu mengajak kawan-kawannya berbuka puasa di rumah. Tahun ini, tak kesah nampaknye.
Merasa perubahan Atah Roy tidak sesuai dengan keinginannya, Leman Lengkung melakukan protes. Di setiap dinding rumah ditulis kalimat-kalimat menyudutkan Atah Roy. Salah satu tulisan yang sangat menusuk hati Atah Roy berada di dinding ruang tamu. Tulisan itu berbunyi “Sebagai Orang Muslim, Atah Roy Bertanggung Jawab Memberi Makan Orang yang Tidak Mampu!”
Atah Roy tidak sakit hati. Protes Leman Lengkung memang tepat sasaran. Namun cara Leman Lengkun itu yang membuat hati Atah Roy sedih. Sebaiknya, menurut Atah Roy, Leman Lengkung melakukan pendekatan persaudaraan, berdiskusi, bermufakat sebelum mengambil suatu tindakan. Kalau sudah seperti ini, jiran banyak yang tahu, sama saja membuka aib saudara sendiri. Untuk sebuah kebaikan, lebih baik pecah di perut, dibandingkan pecah di mulut.
“Man, saharunye, puase ini yang diperbanyak itu amal ibadah, bukan makanan atau pakaian,” tegur Atah Roy.
“Tah, usah Atah nak bedalih lagi. Atah tahukan, selame ini saye ngajak kawan-kawan berbuke di rumah kite. Kalau Atah dah membatasi pengeluaran untuk berbuke puase, macam mane saye nak mengajak kawan-kawan berbuke puase di rumah kite ni. Cube Atah pikirkan,” jawab Leman Lengkung agak emosi.
“Man, inti dari puase itu bukan berbuke dengan makanan yang sedap, tapi bagaimane kita bisa bersyukur dengan ape yang kite punye. itu lebih beso pahalenye,” jelas Atah Roy.
“Cakap Atah itu tidak salah, tapi bagi orang lain, Atah salah,” ujar Leman Lengkung.
“Ape salah aku?” Atah roy penasaran.
“Selame ini, setiap puase Ramadhan, saye mengumpul kawan-kawan berbuke bersame. Sekarang? Tak can Tah. Padahal misi saye jelas, dengan mengumpulkan kawan-kawan di rumah kite ni, make name kite akan terkenal. Hasilnye, ketike kite ade kepentingan dengan kawan-kawan saye tu, kite tinggal suruh aje,” Leman Lengkung yakin dengan ucapannya.
“Ooo, itu maksud dikau ye?” suara Atah Roy agak berat.
“Macam tulah, Tah. Di bulan puase inilah waktu yang sangat tepat untuk menyebarkan pesona. Pahale kite dapat, kepentingan kite juge terjamin,” Leman Lengkung senyum-senyum.
“Cukup, Man. Tak usah dikau bercakap lagi!” Atah Roy naik geram.
“Tah, zaman sekarang ni, berbuat baik pasti ade kepentingan lain. Apelagi…”
“Cukup Man! Tidak semue orang melakukan kebaikan untuk mengharapkan balasan dari orang yang dibantunye! Di negeri ini, masih banyak orang yang berhatinurani membantu tanpe ade iming-iming lain! Jangan dikau mengecikan orang lain. Aku yakin, seyakinnye bahwa di negeri ini masih banyak Islam sejati. Orang Islam yang selalu ikhlas menjalankan kebaikan dengan membantu orang lain!” suara Atah Roy semakin meninggi.
“Tah, tak baik sedang puase ini marah-marah, sumbing puase,” Leman Lengkung membujuk Atah Roy.
“Untung aku puase, kalau tidak, entah ape jadi dengan dikau ni, Man,” suara Atah Roy melemah.
“Seharusnye, Tah, puase tak puase, kita harus mampu mengontrol diri. Bukankah puase melatih diri untuk kite bersabar? Kalau di bulan puase saje besebo, di bulan lain tidak, same aje puase yang kite kerjekan tak berfaedah. Bukan begitu, Tah?”
“Dikau nak mengajo aku rupenye ye, Man!” Atah Roy langsung ke dapur mengambil parang.
Melihat di tangan Atah Roy ada parang, Leman Lengkung pun langsung cabut. “Jangan ditunggu, puase tak puase, selesai aku ni kang.”
“Lari pula, padahal aku gertak aje,” ujar Atah Roy menggelengkan kepale. “Kadang kale, kite lupe bahwe puase tu menahan diri,” tambah Atah Roy sambil tersenyum.     



Tidak ada komentar:

Posting Komentar