Selamat Datang di Hikayat Atah Roy. Senyum Adalah Keikhlasan yang Tak Terucap

Kamis, 30 Juni 2011

Selingkuh

Kata ‘selingkuh’ selalu tidak sedap didengar, terutama bagi orang yang terkena tindakan selingkuh tersebut. Selingkuh merupakan tindakan manusia yang dilakukan secara tidak berterus terang alias sembunyi-sembunyi alias tidak jujur, dan korupsi termasuk dalam tindakan selingkuh. Pada zaman serba canggih ini, kata selingkuh semakin menjadi lebih terkenal, maka tak heranlah banyak musisi Indonesia memanfaatkan kata selingkuh menjadi karya mereka. Tak tanggung-tanggung, karya musik yang berangkat dari kata selingkuh melambung di puncak tangga lagu, baik di stasiun televisi maupun radio-radio. Ini menandakan, selingkuh sangat dekat dengan kehidupan manusia.

Fenomena ini ditangkap oleh Atah Roy sebagai sesuatu yang biasa saja. Tentulah sebagai anak saudara, Leman Lengkung tidak terima dengan sikap Atah Roy yang menganggap selingkuh adalah masalah sepele. Bagi Leman, walaupun dia masih muda, menganggap perbuatan selingkuh merupakan tindakan menjatuhkan nilai kemanusiaan dan menyebabkan orang yang terkena selingkuh dirugikan. Itulah sebabnya, Leman Lengkung akan mengadukan Atah Roy ke Komisi Hak Azazi Manusia alias HAM.

“Tak usah dikau sibuk dengan selingkuh, Man. Selingkuh tu dah memang sifat manusie, apalagi kesempatan terbuka untuk melakukannye,” ujar Atah Roy ketika melihat Leman Lengkung kasak kusuk macam ayam betine mau betelur.

“Jangan Atah pancing buaye yang sedang lapo, Tah!” Leman ketus pada Atah Roy.

“Ape pasalnye dikau menjadi-jadi marah kepade aku, ketike aku menganggap masalah selingkuh ini adalah masalah yang biase? Ape dikau sedang diselingkuh oleh cewek dikau?” bertubi-tubi pertanyaan Atah Roy.

“Tah, sebagai pengagung kesetiaan, tentu saye tersakiti oleh sikap Atah!” ujar Leman.

“Leman, bukan aku membenarkan perbuatan selingkuh itu, tapi selingkuh itu disebabkan oleh orang yang diselingkuh juge. Ingat, selingkuh disebabkan adanya kesempatan dan kebutuhan,” tambah Atah Roy meniru gaya Bang Napi.

“Sekarang zaman bukti, Tah. Cube Atah buktikan bahwa selingkuh itu terjadi karene adenye kesempatan dan kebutuhan? Saye menganggap orang yang melakukan selingkuh adalah orang yang hanye mencari sensasi aje,” Leman Lengkung menantang Atah Roy.

“Ok, siape takut. Korupsi, korupsi termasuk selingkuh ye, itu disebabkan kurangnye pengawasan, ditambah lagi penyelidik yang bertugas menyelidik kasus korupsi ikut juge melakukan hal-hal yang tersembunyi tu, korupsi. Jadi mudah saje disuap. Selain itu, korupsi terjadi disebabkan kebutuhan…”

“Mane mungkin Tah, yang banyak melakukan korupsi itu rate-rate orang dah banyak harte,” Leman Lengkung memotong perkataan Atah Roy.

“Dengo dulu cakap aku! Tau nak menyampuk aje!” Atah Roy mulai geram.

“Ok, siape takut,” Leman Lengkung menentang lagi.

“Semakin banyak harte orang, make makin rakuslah die. Hal ini disebabkan, orang yang banyak harte tak kan mau mengeluarkan duit die pribadi untuk menguasai orang lain.”

“Maksudnye?” potong Leman.

“Maksudnye, orang banyak harte itu, salah satunye adalah untuk kepentingan mendapat tempat yang lebih tinggi dari masyarakat lainnye. Dengan demikian, die dangan mudah akan menguasai masyarakat. Apelagi masyarakat kenen ni, orang yang banyak harte, tau dianggap hebat aje. Kebutuhan menguasai masyarakat dengan harte inilah merupekan bibit untuk melakukan korupsi. Dan kesempatan semakin terbuka, ketike masyarakat menunjuk sang koruptor itu menjadi pimpinan. Bukan begitu, Tuan Leman?” Atah Roy mencebirkan bibirnye. Leman Lengkung menganggukkan kepalanya pelan; sepakat, tapi belum sepakat sepenuhnya.

“Ok, itu kasus selingkuh di bidang korupsi, tapi bagaimane pulak orang yang melakukan selingkuh, menyembunyikan hubungan kasih sayang dengan orang lain?” tanye Leman Lengkung.

“Maksudnye, suami yang selingkuh?” Atah Roy mintak penjelasan pade Leman.

“Ye, suami yang selingkuh; menyembuyikan cinta lain lagi dari istrinye,” Leman yakin.

“Suami yang melakukan perselingkuhan disebabkan juge ade kesempatan dan kebutuhan…,”

“Atah jangan menyanyah, selingkuh model ini tak ade hubungan kesempatan dan kebutuhan de! Jangan mengade-ngade, Tah!” Leman Lengkung mulai emosi.

“Tak perlu dikau emosi, Man. Dengo dulu penjelasan bapak saudare dikau ni.”

“Ok, saye tak takut,” Leman Lengkung mencoba menenangkan diri.

“Kesempatan pertame disebabkan istri sambil lewe je ngurus suami. Perhatian berkurang kepade suami, istri sibuk ngurus diri sendiri. Sibuk ikut wirid, sibuk ikut main jule-jule, sibuk mengunjing orang, sibuk nenguk perhiasan tetangge, sibuk nak memasukkan sekolah anak di sekolah elite, sampai kaos kaki suami hilang pun tak tau lagi. Betul tak, Man?” Atah Roy melirik ke Leman.

“Betul juge, tapi bisa dimusyawarahkan dengan istri masalah ini. Tak mungkin hanye disebabkan masalah macam ini, suami langsung berselingkuh,” Leman membela diri.

“Kalau dah kaos kaki suami tak tau lagi, make yang lain, yang lebih penting lagi pun tak terurus. Dulu waktu pacaran, nak dikunjung calon suami, bukan main bedandan, setelah jadi suami, suami mulai ditelantar. Di umah, istri tak besolek lagi; bentuknye pun macam bantal lonyuk. Badan dah bau asap, rambut meringge, tak terurus macam kuntilanak. Kalau dah nenguk macam ini, tentu tak terbit selere suami. Aaaa… di luo, suami berjumpe dengan perempuan-perempuan berpenampilan aduhai, wangi pulak baunye. Sekali kenyet, perempuan itu hendak pulak, ngaaaa… apelagi, tentulah terjadi percintaan tersembunyi yang dinamekan selingkuh. Kan gitu?” Atah Roy melirik Leman lagi.

“Tapi tak semuenye harus disalahkan kepade istri, Tah?” Leman masih tak puas.

“Betul, aku sepakat. Suami juge salah, seharusnye suami harus mengingatkan istri, selain itu, kalau dapat duit, suami wajiblah menyuruh istri berdandan dan membeli parfum untuk istri, agar istri tu sedap ditenguk dan sedap pulak dicium. Hhhhmmmm…. Wangi,” kate Atah Roy. Leman Lengkung terdiam, tak berbunyi sedikit pun.

“Selingkuh, memang aneh, tapi nyata,” ujar Leman Lengkung dalam hati.

1 komentar: